Selasa, 15 November 2011

Disabilitas ?

Hai !
ketemu lagi dengan gue Brigita ! hmm kali ini gw akan mengangkat tema tentang " Disabilitas " atau yang lebih biasa disebut " penyandang cacat " yang akan diperingati pada tanggal 3 desember . gue emang bukan orang yang "sempurna" atau mau sok ceramah tapi disini gw hanya menunjukkan rasa prihatin  gw dan mungkin artikel gw bisa menggerakkan hati pembaca .

Di artikel ini gw membuat sebuah Cerpen fiksi tentang disabilitas . ya emang sih cara gw bercerita masih jelek , tapi gw cuma mencoba mengeluarkan apa yang ada di otak gw , semoga menginspirasi .. Happy Reading !!

Title : Nothing is perfect 

Benciii ! sebagai anak yang dilahirkan tanpa tangan gw ngerasa Tuhan telah menghukum gw . Bahkan diusia yang menginjak 16 tahun ini , gw gatau harus ngelakuin apa . Diusia yang bukan anak-anak lagi ini gw ga bisa baca & nulis , padahal orangtua gw adalah pejabat yang bisa nyekolahin gw sampe setinggi mungkin . Tapi apa yang mereka lakuin buat gw ? mereka cma nganggep gw " sampah :" gara-gara gw gak punya tubuh selengkap orang-orang lain . gw emang terlahir tanpa tangan . tapi apa itu kemauan gw ? bukan kan ? ini emang udah takdir Tuhan gw harus bisa nerimanya .

Dirumah gw hanya dianggap sebagai angin yang berhembus , orangtua gw merasa gw itu " gaada " 
Mereka selalu ngebangga-banggain ka Ami , kaka gw yang cantik , pinter ya tipe cewek perfect lah . 
" Maura , jangan pergi kemana-kemana  . kalau ada tamu dateng kamu bilang aja kalau kamu anaknya si bibi penjaga rumah " kalimat itu emang "nyess" banget , saking menusuknya , hati gw udah ngerasa biasa aja dengerin kalimat yang keluar dari bibir nyokap setiap dia mau pergi .

Tepatnya sabtu siang , saat asyik menonton tv . Si Bibi dateng menghampiri gw dan membawa selemmbar kertas . " non , liat ini " si bibi tampak bersemangat . " ada apa bi ? " gw bener-bener bingung liat si bibi . " non . mau bantu saya kan " tanya si bibi , " iya , tapi bantu apa ? " gw makin bingung . " ini non , si imah anak saya mau ikut lomba bikin blog tapi dia ga punya temen " si bibi tampak serius . " trus bibi minta saya bantuin imah ? ya ampun bi nulis sama baca aja aku gabisa gimana nulis blog ? " gw meyakinkan bibi kalau gw bener-bener ga bisa bantu dia . " non pikirin lagi deh , non pasti bisa kok " bibi berusaha membujuk gw ,
Pada saat itu gw hanya beranggapan kalau si bibi berusaha ngehibur gw dan gw gamau memikirkan tawaran bibi itu ,

2 hari kemudian , saat gw hendak menuju ke arah dapur . udah ada nyokap yang lagi nangis-nangis depan pintu dan rumah tampak kacau . " hah ini ada apa bi " gw bertanya kepada bibi yang sedang merapihkan teras , raut mukanya pun tampak sedih . " ini non , si ami ,, saya nggak nyangka dia ngedarin narkoba  ini sekarang dia dibawa ke kantor polisi " si bibi mulai meneteskan air mata . Gw bener-bener gak percaya , Kakak gw yang selalu dielu-elukan dirumah ngelakuin hal se "tolol" itu , gw bener-bener shock  . Karena kasus ka ami , nama orangtua gw tercoreng . nyokap dan bokap di pecat dari jabatannya . dan satu-satunya harapan keluarga ini cuma gw . 

Gw termenung di depan kaca , apa yang harus gw lakuin buat nyelamatin nasib keluarga gw ? .
Gw mulai memikirkan tawaran bibi beberapa hari yang lalu . tapi satu pertanyaan gw " apa gw sanggup ? " 
gw berusaha menyemagati diri gw dgn kata-kata " Spirit ! i can ! nothing impossible for someone like me " 

" bi . setelah aku pikir-pikir aku mau bantu imah buat lomba blognya " gw bener-bener gugup .
" beneran non ? pasti imah seneng pas denger kabar ini  makasih banget ya non " bibi tersenyum lebar . yang gw pikirin adalah walau nanti gw ga berhasil mngebantuin imah tapi setidaknya gw udah berhasil buat dia dan ibunya tersenyum .

keesokan harinya imah dateng ke rumah gw . dia seumuran gw , dia manis dan baik banget dia mau ngebantuin gw bahkan dia meyakinkan gw kalau gw punya bakat yang oranglain belum tentu bisa . 
" maura , yakin deh otak lo itu punya sejuta bakat , ayo dong lo asah supaya orangtua lo bisa bangga sama lo " imah tersenyum lebar . 
mulai saat itu kita saling menyemagati dan berbagi tugas bahkan si imah sampai nginep dikamar gw karena kita terus mengetik dan mengetik setiap malamnya ,
Imah bertugas untuk mengetik dan gw bertugas untuk mengeluarkan seluruh ide gw yang kata imah gak biasa , bener-bener keren ! 

Kata Imah kisah hidup gw bisa mengubah gaya pikir orang yang selalu beranggapan negatif tentang penyandang cacat . Imah pun berhasil mengajari gw cara mengetik menggunakan jari-jari kaki gw . dan semuanay itu berhasil gw lakuin ! si imah bener-bener malaikat dalam hidup gw .

Suatu hari , saat imah sedang mengajari gw membaca , telpon berdering dan imah segera mengangkatnya " hallo :" kata imah . " benar ini dengan Imah dan maura " kata orang disalam telefon " iya ada apa ya ? " imah tampak bingung . " selamat kalian mendapat juara 1! besok kalin harus datang ke kantor kami untuk pengambilan hadiah dan wawancara " . " iya . makasih " imah tampak girang dan gw pun tersenyum lebar .

keesokan harinya . gw dan imah berhasil melakukan wawancara dengan baik . tiba-tiba orangtua gw dan bibi dateng ke studio dan memeluk kami . " maafin mama ya , mama udah membuat kamu menderita selama ini " nyokap  tersenyum lebar . 

akhir cerita : gaada mahluk yang sempurna , dan jangan pernah melihat dari fisik mereka tapi lihat dari apa yang mereka bisa berikan kepada semua orang .

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Menurut saya situs kartunet.com dapat menginspirasi banyak orang dan karena kontes ini juga banyak orang yang akan mengasah skill nya dan akan sangat membantu dalam mengubah pandangan masyarakat terhadap penyandang disabilitas yang selama ini selau dinggap  negatif . 

Inspiring Women : 


Jessica Lox terlahir tanpa lengan namun ia memiliki semangat dan tinggi , bahakan dapat melakukan semua aktifitas seperti manusia umumnya dan dia juga memilik segudang prestasi yang luar biasa !




2 komentar:

Terimakasih atas kunjunganya :)
untuk pengembangan tulisan saya selanjutnya , saya mohon komentar dari kalian semua :) Gomawo :D